Home
Tentang Buku
Tentang Program
Tentang Penulis
Tentang Penerbit
Konsultasi
F-A-Q
Milis Pemakai
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pertanyaan Yang Sering Diajukan
Frekuently Asked Questions (FAQ)


Bagaimana menyimpan data?
 

Data secara otomatis disimpan ketika Anda pindah record, atau menutup form. Namun jika Anda ingin agar data disimpan saat itu juga, tekan SHIFT+ENTER.

   
Bagaimana menambah record dengan cepat?
  Tekan CTRL+TANDA TAMBAH (+)
Cara ini berlaku pada form Data Relasi dan Quick Entry
   
  Bagaimana menghapus record dengan cepat?
  Tekan CTRL+TANDA MINUS (-)
Cara ini berlaku pada form Data Relasi dan Quick Entry
   
Saya mencoba memasukkan (insert) gambar foto pada field Foto di Form Data Relasi, tetapi yang muncul hanya gambar ikon saja, bukan gambar foto yang dimaksud. Apa yang terjadi?
 

Ketika menginsert object, Access menggunakan teknologi komunikasi data yang disebut OLE. Keberhasilan memasukkan data OLE ke dalam database (antara lain) tergantung pada format data yang dibuat oleh pengolah gambar. Umumnya gambar berformat JPG, GIF, dan BMP dapat langsung dimasukkan. Namun demikian, kemungkinan kesalahan dalam transfer data bisa terjadi. Tipnya adalah mengkonversi gambar yang ingin dimasukkan ke dalam format-format di atas, atau memasukkan gambar secara copy-paste (copy dari program pengolah gambar, lalu paste pada field Foto).

Cara lain: Sebelum di-insert, buka file image dengan program Paint atau Imaging yang terdapat pada Accessories Windows, lalu simpan ke dalam format .BMP.

   
Setelah saya memasukkan banyak data, terutama data berupa gambar foto, ukuran file RELASI.MDB menjadi semakin besar. Apa yang terjadi?
 

Ketika Anda memasukkan data berupa foto, ada dua alternatif cara yang bisa digunakan. Pertama adalah langsung memasukkannya, yang berarti data diembed (menempati ruang di dalam database). Kedua, dengan menandai opsi Link, yang berarti data hanya dilink ke dalam database (tetapi tidak dimasukkan ke dalam database). Jika Anda melink sebuah gambar foto, maka file gambar yang asli tidak boleh dibuang atau dipindahkan karena setiap kali program akan menampilkan gambar tersebut, program akan mencarinya di lokasi penyimpanan. Berbeda dengan gambar yang diembed, dimana data gambar sudah menjadi bagian dalam database dan file asli bisa dihapus atau dipindahkan. Jika banyak data gambar dimasukkan secara embed, tentu saja ukuran file database menjadi bertambah besar sesuai ukuran data yang dimasukkan.

Jika Anda kemudian memutuskan untuk menghapus data berupa gambar yang pernah dimasukkan, dan menggantinya dengan cara melink data, ukuran database tidak langsung berubah menjadi kecil. Dalam hal ini, Anda harus melakukan compact database. Caranya, tampilkan jendela Database, lalu pilih menu Tools > Database Utilities > Compact and Repair Database.

   
 
   
   
   

Designed by Gapura Stand